Laman

KEINDAHAN PANTAI CAROCOK PAINAN, PESISIR SELATAN


KEINDAHAN PANTAI CAROCOK PAINAN,  PESISIR SELATAN

Oleh Novetayenti


            Painan sebuah kabupaten yang terletak di bagian sumatera barat yaitunya pesisir selatan. Kabupaten tersebut memiliki keindahan tersendiri yaitu pantai nya yang terkenal sebagai Objek wisata yaitu Pantai Carocok Painan. Kabupaten tersebut juga memiliki keindahan tersendiri lainnya dengan gunung yang berderetan sepanjang jalan menuju kearah barat,dan hamparan pantai yang luas dengan gulungan Ombak dan dilengkapi dengan angin sepoi-sepoi yang membuat pandangan mata menjadi sejuk dan setiap orang ingin menikmati betapa indahnya lokasi area pesisir selatan tersebut.
            Objek wisata pantai carocok yang ada disana sangat ramai didatangi oleh pengunjung baik dari daerah itu sendiri maupun dari luar karena suasana pantainya yang indah dan menarik.  Pantai carocok painan yang terletak 1 kilo dari pasar painan,pantai carocok tersebut sudah ada semenjak saya masih sekolah dasar,terletak sebelah kiri dari arah surantih dan menuju tempat itu dari arah surantih sekitar 2 jam.
            Objek wisata yang letak nya kedalam dari jalan raya sangat didatangi oleh banyak pengunjung. Sabtu tanggal 25 desember kemaren saya pulang kempung karena sudah lama tidak pulang saya sangat merindukan keindahan pantai tersebut,dan tampa fikir panjang hari minggu itu saya pergi kesana dengan sepupu yang bernama serli berumur 20 tahun kami minta izin untuk pergi kesana dan ibu mengizinkan kepergian kami menuju pantai tersebut.
            Kami pergi ke pantai carocok tersebut dengan menggunakan sepedah motor dari suranti menuju painan dalam perjalanan menuju kesana sangat kami nikmati keindahan alam yang alami mulai dari indah nya pegunungan,dan angin yang sepoi serta gulungan suara ombak sepanjang jalan menuju kesana sangat terlihat dengan jelas oleh kami. Sampai nya disana langsung kami memarkirkan motor ditempat itu dan langsung memasuki kawasan paantai carocok tersebut.
            Saya sangat kagum “karena sudah lama tidak pergi ketempat tersebut semenjak saya kuliah sudah 2 tahun” dan sekarang lah waktunya saya sangat senang. Ungkap saya pada serli. Ternyata pantai carocok tersebut masih bersih seperti dahulu dan selalu ada yang baru dilihat di sana karena direnovasi dari tahun ke tahun. Dan kebersihannya selalu dijaga oleh masyarakat disana supaya pengunjung merasa senang dan tidak bosan.
            Tampa fikir panjang saya dan serli sepupu perempuan ku itu berlarian dengan girang dan kesenangan bathin tersendiri menuju jembatan yang berada diatas air laut,serta gulungan ombak yang berbunyi dengan keras membuat kami bahagiah. Kami pun tidak peduli dengan suasana yang ramai keindahan dipantai carocok tersebut sangat kami nikmati dan mengabadikan moment terindah itu dengan berfoto bersama-sama di atas jembatan yang terbuat dari papan yang dihiasi warnah putih dan hitam itu sebagai kenangan.
            Pantai carocok painan pada hari minggu sangat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk refresing dan bermain ombak dengan keluarga,kekasih,dan sahabat karena hari minggu adalah hari libur dan lepas lelah,serta letih bagi seseorang maka orang-orang lebih memilih tempat tersebut untuk menghilangkan rasa gerah,bosan,dan capek,karena di pantai tersebut orang akan lebih terasa indah nya udara dan fanorama alam yang diciptakan oleh yang maha kuasa. Ungkap Surimaini pengunjung yang berumur 45 tahun itu.
            Selain keindahan pantai carocok juga ada sebuah pulau yang disebut dengan pulau cingkuak,dimana pulau tersebut tidak jauh dari pantai carocok,yang terlihat dengan jelas dari jembatan papan tersebut dimana di dalam itu ada sebuah batu yang berbentuk kereta sehingga diberi nama batu kereta. Tempat itu adalah salah satu bagian dari pantai carocok juga.
            Menuju pulau tersebut dari pantai carocok menggunakan kendaran laut yaitu “Bot”,yang disewa Rp.10.000 per orang,sampai disana kita dapat menikmati keindahan angin yang ada di pulau dan batu kereta yang ada didalam nya,menambah keindahan pantai carocok painan tersebut. Pengunjung pun juga memanfaatkan apa yang ada disana.
            Pantai carocok painan pada lebaran dipenuhi oleh pengunjung untuk menikmati permainan anak-anak,yang bersahabat dengan Air serta berenang dengan riang itulah yang membuat pantai carocok terkenal dimana-mana dengan keindahan suasana pantai tersebut sangat dimanfaatkan oleh pengunjung,dan masyarakat setempat menghasilkan uang setiap hari dan tahun nya. Ungkap Rosmini warga setempat yang berumur 50 tahun.  
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar